Kamis, 17 Mei 2018

7 TIPS SAAT MENCAMPUR BAHAN KUE SUPAYA BERHASIL DAN ENAK

Cara Membuat Kue | Bikin kue itu susah-susah gampang, lho. Biarpun ada resep membuat kue, ulu saya pikir asal semua bahan tercampur rata maka kue akan berhasil mengembang dan enak. Tapi ternyata kenyataan tak semudah itu. Ada banyak trik yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil kue yang diingnkan. Perlu kamu tahu, mencampur bahan kuepun ada aturannya, jadi tidak bisa asal campur saja. Nah, berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan saat mencampur bahan kue.


1.       Ikuti cara membuat kue sesuai dengan resep
Jika kamu sudah berpengalaman dalam membuat kue, mungkin tidak masalah kalau sedikit mengubah resep. Tapi jika kamu masih pemula, jangan sekali-kali mengganti bahan atau takaran kue sesuka hati. Semua resep yang ada disini sudah melalui uji coba langsung di dapur, sehingga bisa dijamin tingkat kesuksesannya. Gunakan bahan dan takaran yang sesuai dengan apa yang tercantum di resep. Lebih baik lagi kalau kamu benar-benar menakarnya menggunakan timbangan dapur.

2.       Perhatikan kebersihan alat
Seringkali, karena terlalu sibuk menyiapkan bahan, kamu jadi kelupaan dengan kebersihan alat. Padahal hal tersebut juga berpengaruh pada hasil kue kamu. Usahakan untuk hanya mengunakan alat yang benar-benar bersih dari debu, minyak, dan residu lainnya. Pastikan pula semua alat dalam keadaan kering saat digunakan.

3.       Perhatikan suhu telur
Selain kebersihan alat, suhu telur juga berpengaruh pada tingkat kesuksesan kue kamu. Jika telur yang kamu gunakan berasal dari kulkas, usahakan untuk menyesuaikan dulu suhu telur tersebut denga suhu ruangan. Telur yang suhunya dingin tidak akan mengembang ketika dikocok. Lebih baik juga kalau kamu menggunakan telur yang masih segar agar hasil kue mengembang dengan sempurna.

4.       Perhatikan cara pengocokan telur
Mengocok telur saat membikin kue juga tidak bisa asal-asalan. Pastikan anda menggunakan mixer atau whisk untuk mengocok telur. Pastikan juga untuk tidak berhenti mengocok sampai telur itu mengembang dengan sempurna, supaya kue kamu tidak bantet.


5.       Ayak tepung sebelum digunakan
Kalau selama ini anda menuangkan tepung terigu, gula halus, tepung maizena, atau coklat bubuk langsung dari wadahnya ke dalam adonan, sebaiknya mulai sekarang kamu mengubah kebiasaan tersebut. Sebelum diaduk Bersama bahan lain, ada baiknya kamu memasukkan tepung ke adonan sambal diayak. Hal tersebut supaya tidak ada penggumpalan pada tepung. Kalau tepung diayak dulu, nanti tekstur kue akan jadi lembut dan ringan.

6.       Lunakkan margarin atau mentega dengan benar
Sebelum dicampur ke dalam bahan kue, mentega atau margarin harus dilunakkan dulu supaya mudah menyatu dengan bahan lainnya. Tapi bukan berarti kamu asal-asalan melelehkannya hingga berasap. Cara ini bisa membuat kue jadi kering dan kasar. Campurkan mentega atau margarin ke dalam adonan jika sudah lunak.

7.       Campur tepung sedikit demis edikit
Biasanya, tepung dan bahan bubuk lainnya dicampurkan terakhir kali sebelum adonan dipanggang. Pastikan kamu mencampur tepungnya sedikit demi sedikit sambal dikocok mixer dengan kecepatan rendah. Jika adonan kuemu menggunakan mentega atau susu cair, masukkan berselang-seling denga tepung. Setelah itu, aduk lagi adonan dengan spatula. Usahakan untuk mengaduk sampai ke dasar adonan dengan gerakan pelan dan searah agar adonan tidak turun.


Poin-poin diatas mungkin terlihat sepele, tapi sangat berpengaruh pada keberhasilan kuemu. Lho. Jadi mulai sekarang, usahakan mengikuti petunjuk-petunjuk diatas ya.

7 TIPS SAAT MENCAMPUR BAHAN KUE SUPAYA BERHASIL DAN ENAK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar