Sabtu, 25 Februari 2017

Jenis Media Tanam Untuk Bunga


Media tanam yang pas bisa meningkatkan dan menjaga pertumbuhan tanaman dengan baik. Selain itu media tanam juga mempunyai peran kepada usia pertumbuhan tanaman. Tanaman akan berusia panjang jika Anda memakai media tanam yang tepat dan terawat dengan baik.

Lalu  seperti apa media tanam yang baik itu. Media tanam bisa dikatakan baik jika bisa menjaga kelembapan daerah sekitar akar tanaman, menyediakan cukup udara bagi akar, dan sanggup menjaga ketersediaan unsur hara bagi tanaman. Perlu diingat juga bahwa tak seluruh tanaman bunga bisa hidup atau bisa berkembang dengan baik hanya pada satu jenis media tanam saja. Ada banyak jenis media tanam yang perlu Anda ketahui. Berikut ini saya akan memberikan beberapa media tanam yang baik untuk tanaman bunga diantaranya sebagai berikut.

1. Arang

Media tanam yang berasal dari kayu ini mempunyai sifat yang sulit ditumbuhi jamur, cepat dalam menetralisir unsur hara, cocok digunakan untuk tanaman anggrek. Karena, arang miskin akan unsur hara, maka penggunaannya perlu dilakukan pemupukan secara rutin.

2. Batang pakis

Media tanaman ini berasal dari tanaman pakis yang telah tua, pada umumnya batang pakis juga digunakan untuk media tanam bunga anggrek. Batang pakis mempunyai sifat mudah mengikat air dan drainase yang bagus, strukturnya lunak membuatnya mudah ditembus akar tanaman.

3. Kompos

Media tanam yang satu ini sudah sering sekali kita dengar. Kompos biasanya terbuat dari fermentasi limbah organik atau sampah rumah tangga. Media tanam ini bisa dengan cepat mengembalikan kesuburan, dan memperbaiki sifat-sifat tanah. Adanya kompos membuat tanaman mudah memeroleh asupan nitrogen dari udara. Kompos yang baik yaitu kompos yang tidak beraroma, mempunyai kadar air rendah, dan warnanya hitam kecoklatan.

4. Pupuk kandang

Media tanam yang berasal dari kotoran binatang dan mempunyai kemampuan merombak unsur organik yang susah dicerna oleh tanaman. Di dalam media tanam ini kaya akan unsur hara seperti natrium, Fosfor, dan kalium.

5. Sabut kelapa

Media tanam yang berasal dari buah kelapa tua ini mempunyai serat yang kuat, dan mampu mengikat dan menyimpan air dengan baik, cocok digunakan di daerah yang mempunyai curah hujan rendah. Pada sabut kelapa, juga terdapat unsur hara esensial seperti Kalsium, Kalium, Magnesium, Natrium dan fosfor.


Sekian yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat!

Jenis Media Tanam Untuk Bunga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar