Jumat, 24 Februari 2017

Manfaat Menanam Bunga


Tanaman bunga sejak dahulu memang digemari oleh masyarakat karena mempunyai banyak manfaat. Selain mempunyai warna yang cantik, bunga juga bernilai ekonomis. Bahkan tanaman bunga digemari oleh seluruh kalangan usia dan tingkat sosial. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menanam bunga:

1. Bisa memberikan peningkatan tata ruang dan lingkungan.
Adanya warna-warni diantara semak-semak dan pohon menimbukan daya tarik tersendiri, karena terlihat asri. Bunga bisa menjadi media hias baik di dalam ataupun di luar ruangan. Berbagai warna yang dimiliki tanaman bunga bisa mempercantik ruangan, jalan, dan lingkungan. Kegiatan menanam bunga secara bersama-sama bisa membuat lingkungan tempat tinggal anda tampak lebih menarik, dan menumbuhkan rasa bangga karena lingkungan menjadi terlihat lebih terawat.

2. Memperbaiki suasana hati.
Tanaman bunga mempunyai kesanggupan untuk menumbuhkan aura positif pada manusia sehingga manusia akan merasa lebih bahagia, sejahtera, dan tentram saat melihat tanaman bunga. Seseorang bisa berubah menjadi lebih ramah dan gembira saat melihat pemandangan yang terdapat bunga dan pohon. Perasaan seseorang bisa dipengarungi oleh kehadiran tanaman bunga. Oleh karena itu, jika Anda mengalami aktivitas yang berat, penat dengan masalah sehari-hari sebaiknya Anda pergi ke taman bunga atau menanam bunga di taman. Hal ini merupakan penawar yang cocok untuk memperbaiaki suasana hati Anda.

3. Alternatif olahraga.
Kegiatan menanam bunga selain berpengaruh positif pada suasana hati, juga mempunyai manfaat untuk kesehatan jasmani. Di dalam kegiatan berkebun, aktifitas seperti menggali dan menanam bisa membakar kalori dalam tubuh, dan meningkatkan elastisitas otot-otot tubuh. Hal ini bisa menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Waktu yang pas untuk menanam bunga, adalah pada saat mendung atau hampir hujan dan temperatur lingkungan tidak panas. Musim semi adalah musim yang paling cocok untuk menanam bunga. Tapi sayangnya di indonesia tidak ada musim semi.

4. Mengurangi polusi udara dan mencegah pengikisan tanah.
Menanam bunga sangat berguna bagi lingkungan. Selain memperindah tata ruang, tanaman bunga juga bisa mengurangi pencemaran udara di lingkungan. Saat tanaman bunga mengalami proses fotosintesis, daun menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Oksigen sangat diperlukan oleh seluruh makhluk hidup untuk bernapas. Selain itu, tanaman bunga juga bisa mengurangi terjadinya pengikisan tanah karena tanaman bunga bisa menahan tanah dengan baik.


Sekian yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat!

Manfaat Menanam Bunga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar